Sabtu, 20 Maret 2010

Pencegahan steatohepatitis


Steatohepatitis adalah perlemakan hati yang mengalami peradangan. Seharusnya sel-sel hati (liver) tidak mengandung lemak dalam jumlah berlebihan. Namun jika terjadi ketidakseimbangan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat maka lemak bisa tertimbun di dalam sel hati (liver). Diabetes mellitus, hiperkolesterolemia, hipertrigliserida, obesita dan konsumsi alcohol dapat menyebabkan gangguan metabolisme lemak. Timbunan lemak dalam sel hati akan memperberat beban kerja sel-sel hati (liver) sehingga sel-sel tersebut mudah mengalami kerusakan.

Cara mengatasi perlemakan hati (liver) dan peradangan hati (liver) akibat perlemakan hati (liver) antar lain:

* Obesitas diatasi dengan diet rendah lemak dan olahraga secara teratur. Penurunan berat badan secara bertahap dapat memperbaikin kondisis jaringan hati (liver).
* Diabetes mellitus diberikan terapi diet rendah gula, rendah karbohidrat, pemberian insulin atau obat anti diabetes.
* Hiperkolestrol dan hipertrigliserida diterapi dengan diet rendah lemak, olahraga dan obat-obatan penurun kadar kolesterol dan trigliserida.
* Hindari mengkonsumsi alkohol
* Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan, vitamin C, E dan betakaroten seperti apel, jeruk, wortel, tomat, bayam, dan mangga. Pemberian antioksidan kadang juga diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar